Tanaman Karet

by 11.40 2 komentar

Hay guys, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Tumbuhan karet. Tanaman karet merupakan salah satu tanaman perkebunan utama yang yang dikembangkan di berbagai wilayah Indonesia. Karet merupakan produk dari proses penggumpalan getah tanaman karet ( lateks ). Karet merupakan salah satu komoditas perkebunan dengan nilai ekonomis tinggi. Oleh karena itu, tidak salah jika banyak yang beranggapan bahwa tanaman karet adalah salah satu kekayaan Indonesia. Karet yang diperoleh dari proses penggumpalan getah tanaman karet ( lateks ) dapat diolah lebih lanjut untuk menghasilkan lembaran karet ( sheet ), bongkahan ( kotak ), atau karet remah ( crumb rubber ) yang merupakan bahan baku industri karet.

Mengenal Tanaman Karet

Tanaman karet terkenal sebagai bahan baku industri, seperti ban, sepatu, dan belt. Agar lebih jelas, berikut ini uraian tanaman karet secara rinci.

  • Asal-usul Tanaman Karet

Tananam karet (Hevea brasiliensis) mulai dikenal di Indonesia sejak zaman penjajahan belanda. Awalanya, tanaman karet di tanam di kebun raya Bogor sebagai tanaman yang baru dikoleksi. Selanjutnya, karet dikembangkan sebagai tanaman perkebunan dan tersebar dibeberapa daerah di Indonesia. 

  • Klasifikasi Tanaman Karet

Berdasarkan Klasifikasinya, Karet termasuk kedalam Spesies Hevea brasiliensis.
Tanaman karet mempuanyai akar tunggang. Akar terbuat dapat menompang batang tanaman yang besar dan tinggi. Batang tanaman karet biasa tumbuh lurus dan memilki percabanagan yang tinggi diatas.Batang tanaman ini mengandung getah yang disebut lateks.
Daun karet berwarna hijau. Aapabila akan rontok, daun berubah warna menjadi kuning atau merah. Daun karet terdiri atas tangkai daun utama dan tangkai anak daun. Aanak daun berbentuk eliptis yang memanjang dengan ujung runcing dan tepian yang rata.
Bunga karet terdiri atas bunga jantan dan bunga betina. Bunga terdapat dalam malai payung tambahan yang jarang. Kepala putik yang akan dibuhai dalam posisi duduk berjumlah tiga buah, sedangkan buah jantan mempunyai sepuluh benang sari yang tersusun menjadi suatu tiang. 

  • Penyebaran Tanaman Karet
Perkebunan karet tersebar daerah, antara lain Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah.
  • Manfaat Tanaman Karet
Karet mempunyai berbagai manfaat, baik untuk kebutuhan hidup sehari-hari maupun usaha industri. Barang-barang yang yang dapat dibuat dari karet alam, antara lain ban kendaran, sepatu karet, sabuk penggerak mesin, kabel, isolator, dan bahan-bahan pembungkus logam. Selain karet alam, terdapat karet sintetis yang memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh karet alam. Dalam pemanfaatannya, karet sintetis dapat digunakan dalam industri gas, seperti minyak, membran, seal, gasket dan banyak barang lain yang di gunakan untuk peralatan kendaran bermotor. Selain lateks, batang dan biji karet juga dapat dimanfaatkan. Batang tanaman karet dapat dimanfaatkan sebagai bahan industri mabel. Sementara itu, biiji karet dapat digunakan sebagai bahan suplemen atau komplemen yang ditambahkan pada makanan bayi, snack, daging sintetis, roti, dan masih banyak lagi.

Syarat Tumbuh Tumbuhan Karet

Sesuai dengan habitat aslinya di Amerika Selatan, karet merupakan tanaman yang cokok di tanam di daerah tropis. Daerah Tropis yang baik ditanami tanaman karet mencakup luasan antara 15 celcius LU - 10 celcius LS. Suhu harian yang sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangannya adalah 25 - 30 celcius. Tanaman karet dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian antara 1 - 600 dpl. Curah hujan yang cukup antara 2.000 - 2.500 mm/tahun adalah salah satu kondisi yang disukai oleh tanaman karet. Dalam sehari, tanaman karet membutuhkan sinar matahari dengan intensitas yang cukup yaitu antara 5 7 jam per hari.

Budi Daya Tumbuhan Karet

Tanaman karet tidak teralu sulit dibudidayakan. Hanya beberapa persyaratan yang setidaknya harus dipenuhi agar tanaman yang berproduksi maksimal. Cara membudi dayakannya, yaitu :

  • Penyediaan bibit
  • Pembukaan dan Pengolahan lahan
  • Penanaman
  • Pemeliharaan

Pemeliharaan meliputi : 
  • Penyulaman dan Penyiangan
  • Pemupukan
  • Seleksi
  • Pemeliharaan tanaman penutup

Panen

Panen lateks dilakukan dengan cara penyadapan. Penyadapan merupakan salah satu kegiatan pokok dari pengusahaan tanaman karet. Tujuannya untuk membuka pembuluh lateks pada kulit pohon agar lateks cepat mengalir. Untuk memperoleh hasil sadap yang baik, penyadapan harus mengikuti turan tertentu agar diperoleh produksi yang tinggi, menguntungkan, serta berkesinambungan dengan tetap memperhatikan faktor kesehatan tanaman.


ini adalah contoh tumbuah karet yang di sadap.

Pascapanen

Lateks yang telah disadap sering kali mengalami prakoagulasi atau pembekuan pendahuluan. Hal tersebut akan menimbulkan kerugianyang tidak sedikit. Hasil sadapan diolah menjadi bukan jenis baku dan kualitasnya pun rendah. prakoagulasi ini disebabkan oleh jenis karet yang mempunyai kestabilan koloidal yang rendah. Penyebab lainnya adalah enzim-enzim, mikroorganisme atau jasad renik, faktor cuaca serta musim, kondisi tanaman, air sadah, cara pengangkutan serta kotoran, atau bahan-bahan lain yang tercampur

Sekian artikel dari saya. Jika ada kata-kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan, karena kesempurnaan hanya milik Allah Yang Maha Esa. Semoga Bermanfaat.

TERIMA KASIH :D

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

2 komentar:

  1. Saya Devina dari indonesia di Surabaya, saya mengabdikan waktu saya di sini karena janji yang saya buat untuk Nyonya Elizabeth yang kebetulan merupakan pemberi pinjaman online dari perusahaan pinjaman Elizabeth dan saya berdoa kepada ALLAH agar dia dapat melihat posting saya pada hari ini.

     Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar diposting oleh seorang wanita bernama Arnah dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online dari Dr James Mowat, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Nyonya Elizabeth dan Nyonya Elizabeth meminjamkan 2.500.000 Rupiah tanpa tekanan dan tunda, jangan hubungi Dr. James Mowat melalui email: jamesmowatloanfirm@gmail.com untuk menghindari menjadi korban penipuan.

    Saya memutuskan untuk menghubungi Arnah untuk mengkonfirmasi apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari Nyonya Elizabeth, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Nyonya Elizabeth saya bersikeras bahwa dia harus tolong beri tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan itu sangat mudah tentang bagaimana mengajukan permohonan pinjaman dari Nyonya Elizabeth yang perlu saya lakukan adalah menghubungi dia, mengisi formulir aplikasi mengirimnya kembali, mengirim salinan pindaian kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya . lalu saya bertanya padanya bagaimana Anda mendapat pinjaman? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, itu sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Nyonya Elizabeth dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untungnya bagi saya saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya berhasil disetujui tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta untuk membuat janji untuk membagikan kabar baik Nyonya Elizabeth dan itu adalah mengapa Anda melihat posting ini hari ini. untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan dari 150000000 Rupiah. Jadi saya menyarankan setiap orang yang mencari sumber yang dapat dipercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Nyonya Elizabeth melalui Email: elizaabethchristopherloan@gmail.com untuk pinjaman aman Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya : devinairf128@gmail.com atau Anda juga dapat menghubungi Arnah di arnahnana01@gmail.com. Saya percaya satu giliran yang baik layak mendapat yang lain.

    BalasHapus
  2. Golden Nugget - Mapyro
    Golden Nugget, Las Vegas, NV 89109 (775) 778-3100. Location, 목포 출장마사지 Inlet. Hotel. Gold Nugget. 태백 출장샵 Golden Nugget - Las 대구광역 출장안마 Vegas, NV 89109. 여주 출장마사지 Rating: 3.7 · ‎10 votes 포항 출장마사지

    BalasHapus