Tanaman Cengkih

by 05.35 0 komentar
Hay Bro, Saya akan membahas tentang Cengkih. Iya, siapa yang tidak tahu tanaman cengkih ? tanaman yang banyak dimanfaatkan adalah bunganya yang dapat digunakan sebagai bahan untuk industri rokok dan farmasi. Cengkih merupakan salah satu komoditas ekspor yang mempunyai prospek menjanjikan untuk menigkatkan pendapatan masyarakat dan perolehan devisa negara. Bahkan Indonesia tercatat pernah mengalami swasembada cengkih pada tahun 1990-an.

Mengenal Tanaman Cengkih

  • Asal-usul Cengkih
Ada banyak pendapat mengenai negara asal cengkih. Pendapat yang pertama menyebutkan bahwa cengkih berasal dari negara Filipina. Ada juga yang menyebutkan Cengkih berasal dari pulau Makian di Maluku Utara. Selain dari Maluku, Cengkih juga dianggap berasal dari Papua. Sampai abad ke-18, hanya Maluku satu-satunya daerah penghasil Cengkih.

  • Klasifikasi Tanaman Cengkih
Berasarkan klasifikasinya, Cengkih termasuk ke dalam famili Myrtaceae.
Pohon cengkih memiliki perakaran yang realatif kurang berkembang. Namun, bagian akar yang dekat dengan permukaan tanah banyak tumbuh bulu akar. Susunan akarnya yaitu tudung akar, akar tunggang/akar primer, akar tunggang palsu, akar samping, dan bulu akar.
Batang pohon cengkih memiliki kayu yang keras. Daun cengkih mempunyai ciri khas yang mudah dibedakan dengan daun lain. Bentuk daunnya bulat panjang dengan ujung meruncing, seperti jarum. Daun cengkih tebal, kuat, kenyal, dan licin.Umumnya daun yang masih muda berwarna kuning kehijauan bercampur dengan warna kemerah-merahan. Setelah dewasa daun akan berwarna hijau. Menandakan akan muncul tunas dan akan tumbuh ranting-ranting. 



Bunga cengkih akan tumbuh pada pucuk ranting. Bunga bertangkai pendek dan bertandan dengan panjang 4-5 cm. Biasanya pada tiap tandan sekaligus, tumbuh tiga kelompok bunga. Cengkih dapat berbunga dua kali dalam satu tahun, yaitu periode 1 ( Juni-Oktober ) dan periode 2 ( November-Januari ). Bunga yang masih muda berwarna kelabu keunguan. Selanjutnya, bunga berubah menjadi kuning kehijauan dan akhirnya berwarna merah muda. Pada permukaan badan bunga terdapat beberapa kelenjar minyak yang dapat menghasilkan Minyak Cengkih.


  • Penyebaran Tanaman Cengkih
Daerah Perkebunan Cengkih tersebar di Aceh, Sumatra Utara lebih tepatnya Tapanuli, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Sulawesi Utara (Minahasa), Sulawesi Selatan, dan Maluku.

  • Manfaat Tumbuhan Cengkih
Cengkh yang sudah kering sebagaian besar untuk mencukupi kebutuhan pembuatan rokok kretek. Kuntum bunganya dapat di jual dalam bentuk kering utuh, serbuk oleoresin, atau minyak. Minyak dari hasil sulingan serbuk kuntum cengkih kering dapat digunakan sebagai bahan baku industri farmasi, penyedap rasa masakan, dan wangi-wangian. Selain bunganya, daun cengkih dapat digunakan sebagai minyak. Di pasar internasional, minyak daun cengkih adalah penghasil eugenol yang relatif mutah untuk membuat vanili sintetik.

Syarat Tumbuh Tanaman Cengkih

Tanaman Cengkih dapat tumbuh pada daerah yang terletak antara 20 Celcius LU dan 20 Celcius LS dengan suhu udara rata-rata antara 20 - 35 Celius. Ketinggian tepat ideal untuk tanaman cengkih adalah 200 - 300 m dpl. Oleh karena itu, tanaman dapat tumbuh dan produktif di dataran rendah. Di dataran tinggi tanaman akan lambat atau tidak berproduksi.

Budi daya Tanaman Cengkih

Tanaman Cengkih dapat tumbuh baik di Indonesia. Berikut ini uraian tahapan dalam budi daya cengkih.
  • Penyediaan Bibit
  • Persiapan lahan
  • Penanaman
  • Pemeliharaan
pemeliharaan itu meliputi :
  • Penyulaman dan Penyiraman
  • Penyiangan
  • Pemupukan

Panen

Bagian tanaman cengkih yang dipanen adalah Bunganya. Pemanenan harus dilakukan pada saat yang tepat, yaitu saat bunga berwarna pucat ( hijau kekuningan ). Bunga yang di panen adalah bunga yang masih kuncup, kepala bunganya bundar, berisi, dan mengkilap. Jika pemetikan terlambat, bunga akan membuka sehingga kualitasnya menjadi rendah. Pemetikan dilakukan saat bunga sudah berumur 6 bulan sejak keluar dari pangkal bunga. Jika pemetikan terlalu awal maka akan menyebabkan kadar minyak sedikit. Namun, jika dilakukan dengan terlambat bunga cengkih akan mekar atau membengkak itu yang membuat rasa, aroma, dan kualitas yang menurun.


Pascapanen

Bunga cengkih yang telah dipanen sebaiknya langsung di olah agar kesegarannya tetap terjaga. Bunga cengkih yang telah dipetik dipisahkan dari gagangnya. Kegitan ini harus dilakukan dengan teliti, bunga yang dipetik jangan sampai tercampur dengan gagang. karena itu membuat harganya menurun. Setelah di pisahkan bunga cengkih dimasukan dalam karung agar diperam selama sehari agar bunga cengkih tampak berwarna coklat.
Umumnya pengeringan cengkih dilakukan di bawah sinar matahari dengan alas berupa tampah atau tikar bambu. Biasanya pengeringan dilakukan selama 5 - 7 hari. 


Demikian Artikel tentang tanaman cengkih. Jika ada kata-kata yang kurang berkenan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga Bermanfaat.

TERIMA KASIH :D

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar